Selasa, 31 Agustus 2010

TAMAN BERGAYA MINIMALIS

Semakin banyaknya rumah yang bergaya minimalis membuat para desainer untuk mengembangkan taman yang bergaya minimalis pula.

Dari sini pasti anda akan bertanya tanya,,,

Sebenarya "Taman Bergaya Minimalis" itu seperti apa sih..???


architect modern design house photo


Taman bergaya minimalis itu lebih cenderung meminimalisir unsur dekoratifnya dan pernak-perniknya. Dengan kata lain, keindahan taman tidak diukur dengan unsur dekoratifnya. Nah dengan begitu taman lebih terlihat indah, bersih, rapi dengan garis-garis lurus dan halus yang ada dalam desainnya. Nah jadi itulah yang membuat taman menjadi serasi dengan bangunannya.

Elemen keras yang sering digunakan antara lain batu kerikil pipih, paving block, dan grass block. Dan pada bagian vegetasinya pasti berbeda dengan "Desain Taman Tropis." Taman bergaya minimalis lebih sering menggunakan vegetasi yang tumbuh dengan lambat, contohnya antara lain kamboja, kenanga, cemara, bambu kuning dan lain-lainnya.


singapore merlimau house design photo


Bisa kita lihat dari contoh taman rumah di daerah Merlimau Singapore di atas, perpaduan vegetasi hijau utama, hamparan rumput dan ditambah dengan kolam membuat nilai tambah dari keserasian antara taman belakang dan rumah.


Ada tips cara mendesain taman minimalis. Misalnya kita mendesain dengan satu pohon kamboja atau cemara yang diletakkan di tengah rumput tersebut. Di sekeliling rumput kita taburkan batu alam pipih atau lonjong sebagai pembatas sekaligus menjadi drainase (aliran air). Bisa juga kita memberi tanaman iris kuning sepanjang dinding yang terlihat kosong dan memberi satu pohon sebagai center point.


Ada kelemahan pada taman jenis ini...

Yaitu terdapat kesan monoton (karena minimalisir penggunaan vegetasi dan elemen keras) dan kurang optimalnya pesona pada taman.


tropical setia eco park villa design photo


1 komentar: